Hari akhir adalah hari kiamat yang
dimana manusia dibangkitkn dan diberi balasan pada hari itu, dinamakn dengan
hari akhir dikarnakan tidak ada lg hari setelahnya, dimana penduduk ahli surga
tinggal menetap ditempat mereka dan penduduk ahli neraka tinggal menetap
ditempat mereka.
Iman kpd hari akhir termasuk salah
satu rukun Iman yg enam, dan hal ini telah ditunjukan oleh akal dan
fithrah, serta telah sharih pd semua kitab samawi, dan telah diseru oleh para
Anbiya wal Mursalin.
Dan perlu diketahui bahwa termasuk
makna iman kpd hari akhir adalah : mengimani setiap apa yg telah dikhabarkn
oleh Nabi Shalallahu ‘alaihi wasallam dari apa-apa yg akan terjadi
setelah kematian. Maka masuk didlmnya apa yg telah ditunjukan oleh nusush, dari
mulai keadaan orang yg sedang sakaratul maut, keadaan mayit didlm kuburnya,
demikian pula kebangkitan dari kubur, dan apa-apa yg akan terjadi setelahnya.
Dan diantara yg akn terjd dialam
kubur adlh dua perkara :
1.
Fitnah kubur, yg
dimaksud adlh pertanyaan dua Malaikat kepd simayit.
Pertanyaan tersebut adlh : Siapa
Rabbmu ? siapa Nabimu ? dan apa agamamu ?
Iman kepd pertanyaan dua malaikat
ini WAJIB, berdasarkan dalil dari al Qur’an dan sunnah yg sampai kpd mutawatir,
diantara dalil dari al Qur’an adalh Allah Azza waJalla berfirman : Allah meneguhkan orang-orang yang beriman dengan ucapan yang tsabit [teguh]
itu dalam kehidupan di dunia dan di akhirat; dan Allah menyesatkan orang-orang
yang zalim dan memperbuat apa yang Dia kehendaki.QS.Ibrahim ; 27
Dan telah
dikeluarkn oleh al Imam al Bukhary dan Muslim dari hadits Baraa’ bin ‘Aazib-Radhiyallahu
‘anhuma dari Nabi Shalallahu alaihi wasallam beliau bersabda : dlm
firman Allah : ﴿ يثبت الله الذين آمنوا بالقول الثابت﴾ ayt ini turun pd adzab kubur. Muslim telah
menambahkan : يقال له من ربك فيقول ربي الله ونبي محمد
فذلك قوله ﴿ يثبت الله
الذين آمنوا بالقول الثابت﴾
Al qauluts
tsabit adalah : kalimatut tauhid.
Adapun
orang-orang kafir atau munafiq mereka tidak mampu untuk menjawab pertanyaan
tersebut, ketika mereka ditanya, mereka menjawab : hah hah aku tidak tau, aku telah
mendengar manusia mengatakan sesuatu maka akupun mengatakannya. Lalu diapun
dipukul dengan mithraqah yg besar [ sejenis pemukul yg besar, wallahu a’lam
] maka dia berteriak dengan teriakn yang segala sesuatu mendengar kecuali
manusia, jikalau manusia mendengar niscaya mereka akan pingsan.
2.
Dari apa yg terjadi pada mayit didlm kuburnya adalah : nikmat dan
adzab kubur.
Dan ini penetapan
akan adanya nikmat dan adzab kubur, dan
madzhab Ahlu Sunnah wal Jama’ah adalah menyakini bahwa mayit mengalami atau
merasakan nikmat dan adzab kubur, dan hal tersebut terjadi pada badan dan
rohnya, sbgmana telah mutawatir hadits dari Rasulullah Shalallahu alaihi
waallam. Maka wajib untuk mengimaninya dan kita tidk berbicara tentang
kayfiyyah dan shifatnya. Karena hal tersebut tidk bs dijangkau oleh akal yg
pendek ini dan karena itu bagian dari perkara akhirat, perkara-perkara akhirat
tidak ada sesuatupun yg mengetahuinya kecuali Allah dan siapa yg
dikehendaki-Nya dari para Rasul Shalawatullah ‘alaihim.
Dan telah
mengingkari adanya adzab kubur ini adalah kaum MU’TAZILAH. Syubhat mereka
adalah : bahwa mereka tidak mendapati dan tidak melihat mayit diadzab dan
ditanyai.
Maka kita jawab
: bahwa, tidak mendapati dan tidak melihat mayit diadzab dan ditanyai, hal ini
tidaklah menunjukkan akan tidak adanya keberadaan kenyataan dan kejadiannya.
Maka berapa banyak perkara-perkara yg kita tidak melihatnya akan tetapi
kenyataan perkara tersebut ada, diantaranya adzab atau nikmat kubur ini. Dan
juga Allah telah menjadikan perkara akhirat ini perkara yg ghaib terhijabi dari
akal-akal didunia ini untk membedakan orang-orang yg beriman dengan perkara
ghaib dari selain mereka.
Juga
perkara-perkara akhirat tidak bisa dikiyaskn dengan perkara-perkara dunia. Wallahu
a’lam
Adzab kubur ada
dua jenis :
·
Adzab yg terus menerus dan adzab ini bg orang-orang kafir sbgmana
Allah Azza wa Jalla berfirman : ﴿النار يعرضون
عليها غدوا وعشيا﴾
“Kepada
mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang”QS.ghafir : 46
·
Adzab yg terjadi beberapa saat tidak terus menerus, dan adzab ini
kepada sebgian ‘Ushaat minal Mu’min [ pelaku maksiat dari kaum mu’minin ],
diadzab sesuai dari dosa-dosanya kemudian diringankn. Dan kadang diputus
darinya adzab dengan sebab do’a atau sedekah atau istighfar.
Wallahu ta’ala a’lam bish showab
Sebelum kita masuk pada pembahasan
masalah hari akhir atau hari kiamat serta apa-apa yg akan terjadi padanya, maka
perkara yg wajib juga untuk kita imani adalh : Asyrathus sa’ah [ tanda-tanda
hari kiamat]
Tanda-tanda hari kiamat akan terjadi
sebagai tanda akan dekatnya hari kiamat terjadi, Allah Azza wa Jalla
berfirman : ﴿ فهل
ينظرون إلا الساعة أن تأتيهم بغتة فقد جاء أشراطها ﴾
“Maka tidaklah yang mereka tunggu-tunggu
melainkan hari kiamat [yaitu] kedatangannya kepada mereka dengan tiba-tiba,
karena sesungguhnya telah datang tanda-tandanya”.QS. Muhammad : 18
Dan juga Allah
berfirman : Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah
terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu
adalah pada sisi Rabbku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu
kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat [huru haranya bagi makhluk]
yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan
dengan tiba-tiba." Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar
mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat
itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak
mengetahui."QS.al A’raf : 187
Dan telah
berkata malaikat Jibril kepda Rasulullah shalallahu alaihi wasallam :
Khabarkan kepdku tentang kiamat,
Rasul berkata :
tidaklah orang yg ditanya tentangnya lebih tau dari orang yg bertanya ?
Kemudian jibril
berkata lg : khabarkn kepadaku tentang tanda-tandanya.
Rasul berkata :
apabila budak perempuan melahirkn tuannya, kamu melihat orang-orang miskin
telanjang kaki, pengembala kambing berlomba-lomba meninggikn bangunan…al hadits
Ahkrajahul Bukhary dan Muslim, min hadits ‘Umar ibnil Khaththab Radhiyallahu
‘anhu
Ayat dan hadits
di atas sebagai dalil bahwa tanda-tanda bg hari kiamat, sekaligus sebagai dalil
bahwa kapan terjadinya hari kiamat tidak diketahui kecuali Allah Azza wa
Jalla, maka siapa yg mengaku mengetahui perkara ini maka dia SANG PENDUSTA.
Perkara ini
adalah perkara ghaib, yg tidak diketahui sesuatu apapun kecuali Allah, tersembunyi
kepada utusan yg paling mulia dari kalangan para Malaikat dan tersembunyi kepd
utusan yg paling mulia dari kalangan manusia yaitu Jibril dan Muhammad ‘alaihimush
sholatu was salam.
Maka bagaimana kok bs tidak tersembunyi
terhadap orang ini yakni yg mengaku telah mengetahui kapan terjadinya hari
kiamat, apakah dia lebih mulia dari ke-duanya ?!!
Jawabanya : bahkan
dia orang yg paling rendah dari keduanya !
Sungguh telah
disebutkn oleh para ‘Ulama bahwa tanda-tanda hari kiamat terbagi menjadi 3
1.
‘Alamatush shughra, dan ini telah berlalu dan telah terjadi
2.
‘Alamatul wustha’, dan tanda-tanda ini selalu terjadi seperti yg sedang terjadi
dizaman kita ini dari pesatnya kemajuan alat-alat teknologi komonikasi yg serba canggih,
munculnya perbendaharaan dari perut bumi, saling mendekatnya jarak antara
Negara-negara hingga seakan-akan alam ini satu qaryah, demikian pula
berkumpulnya yahudi di filasthin menunggu dajjal.
3.
‘Alamatul kubra, tidaklah datang tanda-tanda yg ketiga ini melainkan kiamat kubra
akan segera terjadi, seperti keluarnya Dajjal, turunnya Nabi ‘Isa ‘alaihis
salam, keluarnya ya’juj dan ma’juj, munculnya daabbah, kemudian terbitnya
matahari dari arah tenggelamnya yakni arah barat, maka ini apabila telah
terjadi satu darinya maka tanda-tanda yg lain akan segera mengikuti.
Wallahu’ ta’ala a’lam bish showab.
Bersambung…Insya Allah
Muhammad Rifqy bin Junaidy al kalimantany