Minggu, 12 Juli 2015

YANG AKAN MENEMANIMU DI ALAM KUBURMU



عن أنس رضي الله عنه عن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال : يتبع الميّت ثلاثة : أهله وماله وعمله، فيرجع اثنان ويبقى واحد : يرجع أهله وماله، ويبقى عمله. متفق عليه
Dari Anas Radhiyallahu ‘anhu dari Nabi Shalallahu alaihi wasallam beliau bersabda : tiga perkara yang akan mengikuti mayit : keluarganya, hartanya dan amalannya, maka kembali dua perkara dan yang tinggal satu perkara : kembali keluarga dan hartanya, dan yang tinggal amalannya. Muttafaqn ‘alaihi.
Seseorang apabila ia meninggal maka tiga perkara inilah yang akan mengikutinya, keluarganya, hartanya serta amalannya, dua perkara akan kembali…yaitu harta dan keluarganya dan yang tinggal bersamanya yang akan menemaninya di dalam kubur adalah amalannya.
Maka didalam hadits ini bahwa setiap perhiasan kehidupan dunia akan kembali tidak akan menemanimu di dalam kuburan, harta, anak-anak semuanya perhiasan kehidupan dunia akan kembali, lalu siapa yang akan menemanimu yang akan tinggal bersamamu ? jawabannya adalah : amalan kita.
Maka sepantasnya bagi kita semua untuk bersemangat meraih teman yang akan menemani kita di dalam kubur tinggal bersama kita, dan dia tidak akan berpaling bersama sesuatu yang berpaling dari kita, maka hendaknya kita bersungguh-sungguh untuk beramal hingga amalan kita adalah amalan  yang sholih yang akan menemani kita di dalam kubur kita di saat berpalingnya sesuatu-sesuatu yang kita cintai dari keluarga dan anak-anak kita.
Kami memohon kepada Allah husnul khotimah dan kesudahan yang baik, serta menjaga dan menolong kita dengan perhatian dan penjagaan-Nya. Sesungguhnya Allah maha dermawan lagi maha mulia.

Muhammad Rifqy bin Junaidy al-katingany

Tidak ada komentar:

Posting Komentar