Jumat, 17 Juli 2015

Sudahkah hari ini saya berdo'a kepada Allah ?




عن عبد الله بن عمرو بن العاص، عن أبي بكرٍ الصّدّيق رضي الله عنه : أنه قال لرسول الله صلى الله عليه وسلم : علِّمْنى دعاءً أدعو به فى صلاتي. قال : قل اللَّهُمَّ إِنّي ظَلَمْتُ نَفْسِي ظَلْماً  كَثِيْراً، وَلَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ، فَاغْفِرْ لِي مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ، وَارْحَمْنِي إِنَّكَ أَنْتَ الْغَفُوْرُ الْرَّحِيْمُ.
Dari Abdillah bin Amr bin al-Ash, dari Abu Bakr as-Shiddiq Radhiyalahu anhu : bahwasanya beliau berkata kepada Rasulullah shalallahu alaihi wasallam :  ajarkan kepadaku do’a yang dengannya aku berdo’a dalam sholatku. Maka Rasulullah Shalallahu alaihi wasallam berkata : katakanlah : Allahumma inni dholamtu nafsy dholman katsiran, wala yaghfirudz dzunuba illa anta, faghfir lii maghfiratan min ‘indik, warhamni innaka antal ghafurur rahim. HR.Bukhary Muslim

Manusia yang paling mulia setelah Nabi kita  Muhammad Shalallahu alaihi wasallam dan seorang wali dari wali-wali Allah Azza wa jalla Abu Bakr Ash-Shiddiq Radhiyallahu anhu, meminta dari Rasulullahu Shalallahu alaihi wasallam untuk mengajarkannya satu do’a yang dengannya beliau berdo’a dalam sholatnya, maka Nabi Shalallahu alaihi wasallam mengajarkannya do’a dengan do’a yang bermanfa’at ini.
Di dalam do’a ini tercakup padanya sebab-sebab yang bermanfaat untuk bisa meraih terkabulnya do’a seseorang.
Dimana do’a ini dibuka dengan pengakuan, dengan kedholiman yang banyak terhadap diri sendiri serta pengakuan kekurangan disisi hak Allah Azza wa Jalla serta hal-hal yang lain yang bermanfaat sehingga lebih menambah akan terkabulnya do’a seseorang.
Berdo’alah kepada Allah niscaya Allah akan mengabulkannya, sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari beribadah kpd-Nya akan dimasukkan kedalam neraka Jahannam…Allah maha dekat mengabulkan do’a seseorang apabila ia berdo’a kpd-Nya.
Diantara syarat terkabulnya do’a seseorang adalah :
·         Menjauhi makanan yang haram
·         Ketika dalam keadaan safar
·         Mengangkat kedua tangan kepada Allah
·         Tawassul kepada Allah dengan Rububiyah-Nya
Semoga kita termasuk orang-orang yang lembut hatinya yang senantiasa mengakui akan kekurangan-kekurangan yang ada pada kita di hadapan Allah Azza Wa Jalla, sesungguhnya Allah maha mendengar lagi maha mengetahui. 

Muhammad Rifqy bin Junaidy al Katingany

Tidak ada komentar:

Posting Komentar