Rabu, 29 Juli 2015

“Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui”.QS.Al-Jumu’ah : 9



بسم الله الرحمن الرحيم
Diantara Amalan-amalan dihari Jum’at

1.     Disukai memperbanyak Shalawat kepada Nabi Shalallahu alaihi wasallam  pada hari dan malamnya Rasulullah shalallah alaihi wasallam bersabda : “Perbanyaklah shalawat kepadaku pada hari dan malam Jumu’ah” di keluarkan oleh al Imam al Baihaqy Rahimahullah dari hadits Anas, haditsnya hasan. Dan siapa yang bershalawat kepada beliau satu kali maka Allah akan bershalawat kpdnya sepuluh kali.
2.     Disunnahkan untuk mandi diharinya, dan perintah ini sangat ditekankan sekali [ sunnah muakkadah ].
3.     Memakai minyak wangi, karena memakai minyak wangi dihari jumu’ah lebih afdhal dari hari-hari dalam sepekan.
4.     Bersiwak.
5.     Bersegera / berpagi-pagi berangkat untuk melaksanakan sholat.
6.     Hendaknya menyibukkan diri dengan sholat, dzikir, qiro’ah hingga imam keluar.
7.     Diam untuk mendengarkan khothbah yang disampaikan, dan ini wajib menurut pendapat yang paling shohih.
8.     Membaca surat al Kahfi pada hari Jumu’ah.
9.     Membaca surat ( al-Jumu’ah ) dan (  al-Munafiqun ) atau surat ( al-A’la ) dan surat ( al-Ghasiyah ) pada sholat Jumu’ah.
10. Disukai untuk mengenakan pakaian yang paling baik. Karena disana ada hadits yang menerangkan akan keutamaan ini, seperti hadits yg dikeluarkan oleh al-Imam Ahmad sanadnya hasan, dan di shohihkan oleh ibnu Khuzaimah.
11. Bahwa pada hari Jumu’ah ini ada satu waktu yang tidaklah seorang hamba meminta/ memohon kpd Allah sesuatu kecuali Allah akan berikan, oleh karenanya hendaknya memperbanyak do’a dihari ini, terkhusus waktu setelah ashar.

وصلى الله على نبينا محمد و على آله وسلم

Tidak ada komentar:

Posting Komentar