Selasa, 07 April 2015

Saudaraku...jagalah lisanmu dari suka mencela





Saudaraku…Jagalah lisan dan perbuatamu dari mencela dan berbuat
عن ابن مسعود رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : سباب المسلم فسوق, وقتاله كفر. متفق عليه
Dari Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahu anhu beliau berkata : telah bersabda Rasulullah Shalallahu alaihi wa sallam  : Mencela seorang muslim adalah kefasikan, dan membunuhnya adalah kekafiran. Muttafaqn ‘alaihi.
Hadits ini menunjukan bahwa : kefasikan itu lebih ringan dari pada kekufuran; di karenakan Allah menjadikan celaan itu sebuah kefasikan dan pembunuhan itu suatu kekufuran, pembunuhan Allah jadikan suatu kekufuran,  maka berdasarkan ini apabila seorang muslim mencela saudaranya maka orang yg mencela ini telah menjadi fasiq jangan di terima persaksiannya dan jangan di jadikan untuknya kekuasaan dan jangan di nikahi, karena dia telah menjadi fasiq tidak sah menjadi Imam bagi kaum Muslimin, dan tidk sah pula untuk menjadi Mu’adzin. Demikian telah berkata kebanyakan dari para Ulama Rahimahullah- dan pada sebagian permasalahan ini khilaf.
Akan tetapi al Muhim, bahwa siapa yg mencela saudanya maka dia fasiq, adapun jika dia membunuhnya maka dia kafir; ini jika dia menghalalkan pembunuhan tanpa hak maka dia kafir dengan kekafiran yg mengeluarkan dari agama, namun jika dia tidak menghalalkan pembunuhan akan tetapi karena hawa nafsunya pada dirinya maka dia menjadi kafir akan tetapi kekafiran yang tidak mengeluarkan dari agama, dalilnya adalah :
Dan kalau ada dua golongan dari mereka yang beriman itu berperang hendaklah kamu damaikan antara keduanya! Tapi kalau yang satu melanggar perjanjian terhadap yang lain, hendaklah yang melanggar perjanjian itu kamu perangi sampai surut kembali pada perintah Allah. Kalau dia telah surut, damaikanlah antara keduanya menurut keadilan, dan hendaklah kamu berlaku adil; sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berlaku adil.۝ Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah [perbaikilah hubungan] antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.al hujarat : 9-10
وصلى الله على نبيينا محمد وعلى آله وسلم
محمد رفقي ابن جنيدي الكتنجاني

Tidak ada komentar:

Posting Komentar